Langkah 1 : Kualifikasi
Anda harus mendapatkan janji dan kepastian bahwa anda
membawa informasi yang penting. Jangan menjelaskan melalui telephone. Anda bisa
katakana, “ saya membawa informasi yang sangat penting yang pasti Bapak
perlukan dalam hal…..(sesuai bidang anda/pelanggan (client) anda). Lebih baik
saya jelaskan pada saat kita bertemu karena yang terpenting adalah informasi
ini bisa Bapak terima.”
Langkah 2 : Gali
Permasalahan
Anda harus
mendapatkan permasalahan yang mereka hadapi dengan sedikitnya 3 kali pertanyaan
untuk dapat memastikan problem yang paling utama. Anda harus menunjukkan
kesungguhan anda terhadap problem yang ada. Jangan menolak. Setelah menemukan
permasalahan yang sebenarnya anda harus bisa mengajak mereka merasakan bahwa
kesulitan itu benar benar sangat merugikan mereka. Anda harus bisa
merasakannya.
Anda bisa
menanyakan :
Kalau begitu
akibat kerusakan yang terjadi ada penurunan berapa banyak?
Apakah itu
mengganggu biaya operasional perusahaan?
Apakah akibat
lainnya?
Berarti dibutuhkan
langkah penanganan segera untuk hal itu?
Kebanyakan pada
tahap ini seorang penjual tidak berani untuk masuk lebih lanjut untuk mulai
memfollow up dengan produk (product) atau jasa yang mereka punya. Jangan takut
asal anda berlatih untuk melakukannya dengan profesional dan tenang mereka
tidak akan tersinggung. Karena kalau pembicaraan ini tidak di follow up lagi
maka presentasi yang telah anda buat akan sia sia.
Langkah 3:
Persiapan kesimpulan
Pada langkah inilah saatnya anda menunjukkan bahwa barang atau
jasa anda merupakan solusi yang terbaik. Pada step ini juga anda akan banyak
mendapatkan sanggahan. Sebelum pelanggan anda menanyakan anda bisa mengambil
inisiatif dahulu dengan menanyakan budget yang mereka punya untuk mengatasi
masalah tersebut. Ini perlu agar anda tidak membuang waktu. Buatlah solusi
sesuai dengan budget yang ada. Dan buatlah kesimpulan bersama sebagai penutup
presentasi anda.
Langkah 4:
Tutuplah penjualan (sales) anda
”Bertolak kepada pembicaraan kita tadi, bahwa barang yang
paling cocok sebagai solusi adalah ……..dan nilai…………, apakah Bapak setuju?
Tanyakan sampai anda dapat jawaban ”ya”
Ok kalau dibuat skala perioritas, satu sampai 10, diskala
berapa produk kami menarik buat Bapak?
Kalau ternyata dia belum berani mengatakan atau pada skala
yang rendah berarti anda harus menanyakan apa yang dapat menaikkan skala
tersebut. Dari sini juga bisa menghubungkan apakah ketertarikan yang
disampaikan adalah sebenarnya.
Kalau pelanggan
anda sudah terbuka dan memberi and nilai yang baik, mengapa anda tidak segera
menanyakan kapan kontrak anda bisa diterima?
Lakukan dengan
bersahabat dan menunjukkan bahwa anda tidak hanya sekedar menjual barang anda
tetapi anda ingin menjalin relasi dengan mereka.
Lakukan semua hal
yang berkenaan dengan administrasi penjualan dengan cermat dan rinci untuk
menghindari salah komunikasi dan pembatalan janji.
Jangan lupa ucapkan Terima kasih..
Mangament Menuju Sang Pemenang
Sahat Mangiring Manalu
Tips dan Trik yang diharapkan bermanfaat bagi para netter yang mau mengembangkan kepribadian, usaha atau apapun yang berhubungan dengan perbaikan kualitas hidup
BalasHapus